Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik Versi 2021

Cara Verifikasi Akun Dapodik PTK di Aplikasi Dapodik Versi 2021 lewat website resmi  https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/  _Bapak/Ibu Guru dan Operator Sekolah, ketika Anda membuka dapodik 2021 khususnya di menu GTK submenu Guru dan Tendik, di sana terlihat simbol amplop merah yang ketika kursor diarahkan maka akan muncul keterangan "Akun belum terverifikasi".
Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik Versi 2021
Lantas bagaimana caranya agar kita dapat memverifikasi akun PTK dapodik?

Nah, solusi mengatasi Akun belum terverifikasi agar menjadi Akun terverifikasi di dapodik ini tidak bisa langsung dilakukan lewat aplikasi dapodik, melainkan harus melewati proses verifikasi di website ptk.datadik.kemdikbud.go.id (bagi PTK yang sudah terdaftar akunnya). Adapun bagi PTK yang belum punya akun dapodik harus ditambahkan/dibuatkan akun PTK di sp.datadik.kemdikbud.go.id terlebih dahulu.

Yang tidak boleh ketinggalan sebelum Anda Memverifikasi Akun PTK Dapodik di ptk.datadik.kemdikbud.go.id yaitu pastikan Anda sudah mengerjakan dapodik, untuk terkait hal ini pada masing-masing GTK di dapodik sudah ada penugasan GTK dan jangan lupa dicentang keaktifan PTK-nya sesuai bulan berjalan. Setelah Anda melakukan sinkronisasi dapodik versi 2021 (ingat, untuk melakukan sinkronisasi bisa menggunakan akun PTK Kepala Sekolah walaupun akun tersebut masih berstatus "Akun belum terverifikasi"), barulah Anda memverifikasi akun PTK Dapodik lewat ptk.datadik.kemdikbud.go.id. 

Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik Versi 2021


2. Klik LOGIN MENGGUNAKAN SSO !
Login menggunakan sso
3. Pada Halaman Autentikasi Pengguna PTK Dapodik, silakan Masukkan Akun PTK Dapodik dan Passwordnya, kemudian Klik Masuk !

Email Akun PTK Dapodik yang dimasukkan adalah akun PTK pada dapodik versi sebelumnya dan/atau akun PTK yang baru dibuat lewat website sp.datadik.kemdikbud.go.id.

Masukkan Akun PTK Dapodik dan Passwordnya kemudian Klik Masuk

4. Setelah autentikasi berhasil, silakan tunggu sampai mengarah pada halaman utama !
Setelah autentikasi berhasil, silakan tunggu sampai mengarah pada halaman utama
5. Klik biodata PTK !
Pada halaman beranda, silakan klik menu BIODATA !
Klik biodata PTK
6. Klik Akun PTK !

Silakan klik menu Akun !
Klik akun PTK
7. Verifikasi Sekarang !

Setelah Anda mengeklik Akun, maka akan tampil nama akun, username, status belum verifikasi, dan waktu pembaruan akun. Silakan klik tombol "VERIFIKASI SEKARANG"
Verifikasi Akun PTK Sekarang
8. Klik Lanjutkan !

Sebelum Anda melanjtkan proses verifikasi, pastikan email yang tertera sebagai username/akun PTK dalam kondisi aktif dan dapat menerima kiriman kode verifikasi.
Lanjutkan Proses Verifikasi Akun PTK Dapodik

9. Buka email untuk melihat kode verifikasi pengguna dapodik !

Setelah Anda mengeklik tombol "Lanjutkan" seperti pada penjelasan poin ke-8 di atas, maka secara otomatis server website dapodikdasmen telah mengirimkan kode sebanyak 4 digit/angka ke email Anda. Untuk itu, silakan login email sesuai email yang Anda gunakan misalnya login di gmail.com, kemudian buka pesan di kotak masuk. Jika di koak masuk tidak ada, coba buka di kotak spam.

Nah, jika sudah ada kiriman kode verifikasi dari email resmi Dapodik Kemdikbud, silakan copy maupun diingat-ingat saja. Setelah itu, silakan kembali ke halaman verifikasi akun PTK.

Buka email untuk melihat kode verifikasi pengguna dapodik


10. Masukkan kode verifikasi dan simpan !
Masukkan kode verifikasi dan simpan

Setelah Anda berhasil mengeklik simpan, maka halaman akan otomatis berganti seperti halaman pada gambar poin ke-11 di bawah ini.

11. Cek Status Verifikasi Akun PTK !

Untuk memastikan apakah akun PTK Anda telah sukses terverifikasi, silakan klik menu "Akun". Jika sukses, maka ada Status Verifikasi: Sudah
Cek Status Verifikasi Akun PTK
Sampai langkah ini, status akun PTK Anda sudah berhasil terverifikasi terbukti pada hasil pengecekan seperti di atas, selain itu Anda juga dapat mengecek status verifikasi di halaman sp.datadik.kemdikbud.go.id menggunakan login akun admin dapodik operator sekolah.

Bapak/Ibu, dengan suksesnya proses verifikasi Anda seperti penjelasan di atas, maka ini bukan berarti Akun PTK Anda di halaman Aplikasi Dapodik telah berubah secara otomatis menjadi Akun Terverifikasi, melainkan dia masih akan tetap "Akun belum terverifikasi" sebelum Anda melakukan sinkronisasi dapodik versi 2021 tersebut. Nah, silakan kerjakan pengisian dapodik kemudian segera lakukan sinkronisasi agar akun PTK segera juga berubah menjadi "Akun telah terverifikasi".

Demikian tentang Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik Versi 2021. Semoga bermanfaat.

Ingat ya Bapak/Ibu, sebaiknya lakukan verifikasi pada jam-jam malam atau pagi. Sesuai pengalaman saya, verifikasi saya lakukan antara pukul 23.30 - 05.00 WIB.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel