2 Cara Login di Info GTK Kemdikbud

 Dua Cara Login PTK di Info GTK Kemdikbud go id_Di halaman info GTK ditampilkan info validasi data Kepala Sekolah/Guru PNS/Guru Honorer, di mana data yang ditampilkan tersebut merupakan data berdasarkan hasil input data dari sekolah lewat aplikasi dapodik. Info validasi data guru ini fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah, jika ada kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik di sekolah masing-masing. Selain fungsi tersebut, laman Info GTK juga sering dimanfaatkan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK ) untuk mengecek validasi data dan SKTP terkait Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan/atau lebih populer dengan sebutan Tunjangan Sertifikasi Guru bagi Guru bersertifikat pendidik dan sudah lulus sertifikasi. Adapun bagi Guru Honorer, yang sebelumnya jarang membuka Info GTK, kini berbondong-bondong mengunjungi laman Info GTK Kemdikbud untuk melakukan VerVal Ijazah S1/D4 terkait seleksi PPPK dan kabar terbaru di bulan November ini Guru Honorer juga ramai-ramai mengakses https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ untuk mengecek apakah termasuk yang berhak mendapatkan BLT 1.800.000 atau tidak.

Bapak/Ibu Guru, untuk login di Info GTK Kemdikbud pada hari-hari biasa memang nyaris tidak ada kendala alias lancar jaya, namun ketika kita mengakses laman Info GTK di masa banyak teman guru yang membukanya seperti pada musim pengecekan Info TPG, VerVal Ijazah, dan Info Bantuan Langsung Tunai 1.800.000 untuk Guru Honorer, maka otomatis server menjadi sibuk sehingga tak jarang Bapak/Ibu Guru yang mengalami Gagal Login Info GTK dengan berbagai masalah seperti 502 Bad Gateway nginx, laman terbuka namun menunya berantakan, dan laman login terbuka namun kode captcha tidak muncul.

Nah, untuk mengatasi maupun menyiasati agar tidak gagal login di Info GTK Kemdikbud, maka silakan Bapak/Ibu pastikan koneksi internet lancar, pilih jam malam-pagi sekitar pukul 01.00 WIB sampai 06.00 WIB, jika tidak langsung sukses loginnya maka lakukanlah berulang-ulang dengan penuh keikhlasan/kesabaran, dan jika Login langsung ke GTK gagal maka coba Login Info GTK Menggunakan SSO dan/atau sebaliknya.

Adapun seperti yang sudah Admin sebutkan di atas dan yang telah maklum bahwa Login Info GTK dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu Login Langsung ke GTK dan Login Menggunakan SSO, dengan langkah-langkah seperti di bawah ini.

2 Cara Login di Info GTK Kemdikbud

Dua (2) Cara Login di Info GTK Kemdikbud

A. Cara Login Info GTK dengan Login Langsung ke GTK

1. Kunjungi https://info.gtk.kemdikbud.go.id//?s=999&pesan= 

2. Masukkan akun PTK dapodik/username/email, password, dan kode captcha, kemudian klik Login

Cara Login Info GTK dengan Login Langsung ke GTK

B. Cara Login Info GTK Menggunakan SSO

1. Kunjungi https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ , kemudin klik Login Menggunakan SSO!

Cara Login Info GTK Menggunakan SSO
2. Masukkan Akun /Email PTK Dapodik terverifikasi, password, dan klik masuk !

Masukkan Akun /Email PTK Dapodik terverifikasi, password, dan klik masuk
3. Tunggu sampai pengarahan ke halaman utama berhasil !

Tunggu sampai pengarahan ke halaman utama berhasil
4. Klik menu Biodata !
Klik menu Biodata
5. Klik menu Buka Info GTK !
Biodata PTK
Klik menu Buka Info GTK

Demikian Cara Login Info GTK Kemdikbud. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel