2 Cara Termudah Menghapus/Uninstall Dapodik Versi Lama Sampai Tuntas

Dua (2) Cara Termudah Menghapus/Uninstall Dapodik Versi Lama Lewat Control Panel dan/atau Melalui Local Disk C Laptop/Komputer_

Setiap kali ada rilis aplikasi dapodik dalam bentuk installer terbaru, maka sebelum menginstall dapodik terbaru tersebut, Operator Dapodik SD/SMP/SMA/SMK harus menghapus dulu instalasi dapodik versi lama yang terpasang di komputer/laptop. Sebagai contoh, untuk memasang installer dapodik versi baru maka sebelumnya Anda harus melepas dulu aplikasi dapodik versi lama. Dan/atau bagi yang dapodik versi terbaru mengalamai masalah, maka jika sulit diatasi, Anda bisa juga menginstal ulang dapodik versi saat ini dan tentunya sebelum memasang ulang Anda harus menghapus dulu aplikasi dapodik yang sudah terpasang di laptop Anda.

Ini kata kunci yang wajib diketahui oleh Operator Sekolah:

Jika aplikasi dapodik terbaru dalam bentuk installer, maka wajib menghapus dapodik versi sebelumnya/versi lama

Jika aplikasi dapodik versi terbarunya dalam bentuk Updater/Patch, maka jangan sampai menghapus dapodik versi sebelumnya.

Cara uninstall aplikasi dapodik

Langkah-Langkah Uninstall Dapodik Versi Lama

Berikut saya sampaikan urutan menghapus aplikasi dapodikdasmen versi lama melalui control panel dan menghapus melalui Local Disk C komputer/laptop. Untuk langkah nomor 1-3 ada 2 cara (silakan pilih salah satu), sedangkan untuk point nomor 4 sampai nomor 6 caranya sama.

1. Buka control panel dan/atau buka data C pada laptop/komputer Anda
a. Apapun merk laptop Anda, silakan cari menu control panel pada kotak pencarian, setelah ketemu silakan klik "Control Panel"
Membuka control panel di laptop

b. Klik data C, program files (x86), dan dapodik
Klik data C, program files (x86), dan dapodik

2. Klik "uninstall a program" dan/atau klik "uninst"
a. Jika lewat control panel, silakan cari menu "Programs and Features", kemudian klik submenu "Uninstall a program" pada menu "Programs"
Klik uninstall a program pada menu programs komputer
b. Jika lewat disk data C, silakan klik folder "uninst"
Klik folder uninst
3. Klik 2 kali aplikasi dapodik versi lama
a. Jika lewat control panel, silakan cari aplikasi dapodik yang akan Anda hapus, misal Dapodik Versi X. Selanjutnya klik 2 kali pada aplikasi tersebut.
Aplikasi Dapodik Versi 2019e

b. Jika lewat disk C, silakan klik logo dapodik yang bertuliskan uninst...
klik logo dapodik yang bertuliskan uninst

4. Hapus instalasi dapodik versi lama
Silakan klik "Yes" pada tampilan yang memuat notifikasi "Apakah Anda yakin ingin menghapus Dapodik beserta semua komponennya?"
Menghapus aplikasi dapodik 2019e

5. Tunggu proses penghapusan dapodik
Silakan tunggu sampai selesai proses pelepasan dapodik dari laptop Anda
Menunggu proses pelepasan dapodik 2019e

6. Restart laptop Anda
Yang terakhir, silakan klik "Yes" pada tampilan persetujuan "Untuk melengkapi proses pelepasan Dapodik, komputer/laptop Anda harus dimulai ulang?"
Merestart komputer

Cara Menghapus Dapodik Lama sampai bersih dengan akar-akarnya
Cara Menghapus Dapodik 2021/2021.b sampai bersih dengan akar-akarnya


Setelah Anda selesai merestart laptop Anda, coba deh buka Local Disk C, silakan cari dan hapus Folder InstallerDapodikPatch

Demikian panduan tentang Cara Uninstall Aplikasi Dapodik Versi Lama. Selanjutnya, silakan Anda mengunduh installer dapodik versi baru yang akan dipakai, kemudian instal aplikasi dapodik versi terbaru tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel