Cara Jitu Login Info GTK untuk Cek Daftar Nominasi Penerima BSU, Nomor SK BSU, dan Status Pencairan Bantuan Subsidi Upah Bagi PTK/GTK Non-PNS

 Cara Jitu Login Info GTK v.2020.2.0 untuk Mengecek Daftar Nominasi/Calon Penerima BSU Rp 1.800.000, Nomor SK BSU, dan Status Pencairan Bantuan Subsidi Upah Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) atau Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Honorer/Non-PNS di Lingkungan Kemendikbud.

Sejak adanya informasi tentang BSU Kemdikbud, banyak PTK yang penasaran ingin segera mengetahui apakah dirinya masuk dalam nominasi penerima BSU dan/atau tidak. Sebenarnya sih jika Bapak/Ibu PTK datanya sudah masuk di dapodik sejak lama, maka kemungkinan besar Anda masuk dalam daftar calon penerima Bantuan Subsidi Upah Rp 1.800.000. Namun memang tidak ada yang salah jika Bapak/Ibu ingin segera dapat login di info GTK guna mengetahui dan memastikan bahwa Anda masuk dalam nominasi, mengecek nomor SK BSU, melihat status pencairan, dan informasi lain terkait BSU.

Update:

Saat ini sudah banyak Guru Honorer yang telah mencairkan uang dana BSU 1,8 Juta di bank penyalur sesuai dengan bank yang tercantum pada lembar info GTK.

Bapak/Ibu PTK, di bawah ini merupakan contoh hasil pengecekan PTK Non-PNS yang telah berhasil login di Info GTK, dan semoga ketika Bapak/Ibu sudah sukses login Info GTK, juga di laman lembar hasil pengecekannya berisi informasi BSU seperti ini:

ANDA TERMASUK DALAM NOMINASI PENERIMA BANTUAN SUBSIDI UPAH (BSU) BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN NON-PNS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2020

Status BSU : Dana BSU Kemdikbud dalam proses pencairan ke rekening.

Cara Jitu Login Info GTK untuk Cek Daftar Nominasi Penerima BSU, Nomor SK BSU, dan Status Pencairan Bantuan Subsidi Upah Bagi PTK/GTK Non-PNS

Sebagian Guru Honorer, dalam hal terkait BSU ini masih ada yang di info GTK berstatus Dana BSU Kemdikbud dalam proses pencairan ke rekening. Sedangkan yang sudah mencairkan dana BSU sudah banyak, bahkan mungkin uangnya sudah habis untuk belanja.he he.

Nah, bagi Bapak/Ibu yang belum mencairkan dana BSU, silakan segera cek status BSU dan segera lengkapi persyaratan untuk mencairkan di bank. Jadi, jika status BSU sudah cair seperti contoh di bawah ini, silakan beranjaklah untuk mengurusnya.

Contoh Status BSU Sudah Cair:

ANDA TERMASUK DALAM NOMINASI PENERIMA BANTUAN SUBSIDI UPAH (BSU) BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN NON-PNS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2020

Status BSU : Dana BSU Kemdikbud sudah cair ke rekening penerima

Status BSU : Dana BSU Kemdikbud sudah cair ke rekening penerima

Cara Jitu Login Info GTK untuk Cek Daftar Nominasi Penerima BSU, Nomor SK BSU, dan Status Pencairan Bantuan Subsidi Upah Bagi PTK/GTK Non-PNS

Pastikan Bapak/Ibu mengakses laman Info GTK pada jam-jam yang tidak sibuk, misalnya pada jam malam dan pagi sampai sekitar pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Kunjungi https://info.gtk.kemdikbud.go.id//?s=999&pesan=  !

2. Masukkan Email Akun PTK Dapodik yang sudah terverifikasi, password, dan klik Login !

Catatan: Jika muncul kode captcha, masukkan kode pada kolom yang tersedia

Masukkan Email Akun PTK Dapodik yang sudah terverifikasi, password, dan klik Login

3. Cek Nomor SK BSU dan  Cetak Lembar Info GTK !
Cek Nomor SK BSU dan Cetak Lembar Info GTK !

Bapak/Ibu, Anda dapat melihat persyaratan BSU dan melihat Nomor SK BSU yang sudah terbit pada bagian bawah halaman lembar Info GTK dengan cara menscroll ke bawah dan/atau dengan cara menekan tombol "Click disini" , 

a. Contoh Nomor SK Bantuan Subsidi Upah Status BSU : Dana BSU Kemdikbud dalam proses pencairan ke rekening.
Contoh Nomor SK Bantuan Subsidi Upah

Pada laman lembar Info GTK bagian bawah, telah muncul Nomor SK BSU, tanggaal penerbitan SK, nama penerima SK, NUPTK, NIK, Nomor ID BSU, Kabupaten/Kota, dan Provinsi. 

Catatan: 1. Dana BSU Kemdikbud dalam proses pencairan ke rekening

b. Contoh Nomor SK Bantuan Subsidi Upah Status BSU : Dana BSU Kemdikbud sudah cair ke rekening penerima
Contoh Nomor SK Bantuan Subsidi Upah Status BSU : Dana BSU Kemdikbud sudah cair ke rekening penerima

Pada laman lembar Info GTK bagian bawah, telah muncul Nomor SK, Tanggal Penerbitan SK, Nama Penerima SK, NUPTK, N.I.K, Nomor ID BSU, Kabupaten/Kota, Provinsi, Rekening Bank, Nama pada Bank, Nama Bank, Cabang Bank, Nomor Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Tanggal Terbit SP2D, Nomor Surat Perintah Penyaluran (SPPn), dan Tanggal Terbit SPPn

Catatan:
1). Dana BSU Kemdikbud sudah cair ke rekening penerima.
2). Pencairan dana oleh penerima dapat dilakukan 3 (tiga) hari kerja setelah tanggal terbit SPPN
(Tanggal terbit SPPN itu beda-beda, pada contoh di atas, SPPN terbit tanggal 20 November 2020)
3). Berkas yang harus dibawa saat proses pencairan ke Bank:
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang dapat Anda cetak/download melalui Info GTK
  • Print Out Info GTK (silakan download di laman Info GTK Kemdikbud)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP jika ada)
Selanjutnya alangkah baiknya Anda segera mengunduh/mendownload Lembar Info GTK dengan cara mengeklik tombol "Cetak" yang ada di bagian pojok kanan halaman (perhatikan contoh di atas).

Jika status BSU sudah cair, segera cetak SPTJMnya. Baca Cara Cetak SPTJM BSU di Info GTK

Anda dapat langsung mengeprint jika sudah terhubung dengan printer, namun sebaiknya Anda simpan saja dulu lembar info GTK ke dalam File Format PDF dengan cara memilih menu Save as PDF kemudian klik Save.
Save as PDF Lembar Info GTK

Demikian tentang Cara Cek Daftar Nominasi Penerima BSU, Nomor SK BSU, dan Status Pencairan Bantuan Subsidi Upah Bagi PTK/GTK Non-PNS di Info GTK. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel