Cara Mengedit dan Menambah Kompetensi Dasar (KD) di e-Rapor SD Kurikulum 2013

Cara Mengedit Data KD dan Menambah Kompetensi Dasar di Aplikasi e-Rapor SD Kurikulum 2013_Ketika Bapak/Ibu Guru membuka Data Kompetensi Dasar di e-Rapor SD, maka di sana sudah otomatis ada KD untuk muatan mata pelajaran Pendidikan Agama (Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, Konghuchu),  PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP, dan PJOK untuk kelas 4-5-6 serta mapel Agama, PPKn, Matematika, SBdP, dan PJOK untuk kelas 1-2-3. Namun khusus untuk KD mapel Aliran Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Muatan Lokal Bahasa Daerah belum tercantum di aplikasi e-Rapor SD.
Cara Mengedit dan Menambah Kompetensi Dasar (KD) di e-Rapor SD Kurikulum 2013

Bapak/Ibu Guru, perlu diketahui bahwa KD yang sudah tersedia di aplikasi tersebut belum tentu sudah terpetakan dengan benar, misalnya adanya KD yang seharusnya masuk di semester 1 tetapi masih pada pengaturan di semester 2 dan/atau sebaliknya. Selain itu, tugas Anda adalah meringkas deskripsi KD khusus untuk deskripsi kompetensi dasar yang masih merah. Anda harus mengubah deskripsi KD agar menjadi hitam (maksimum 60 karakter termasuk spasi).

Adapun untuk KD muatan lokal Bahasa Daerah (misalnya: Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, dll) harus Anda tambahkan di e-Rapor SD.

Dengan demikian, maka Bapak/Ibu Guru harus melakukan pengelolaan KD baik pada kompetensi dasar yang sudah tersedia dan/atau yang belum di aplikasi tersebut.

Nah, untuk mempermudah dalam mengelola KD di e-Rapor SD, sebaiknya bahkan seharusnya Anda menyiapkan Pemetaan KD Kurikulum 2013 untuk semua mata pelajaran sesuai kelas yang diampu oleh Anda, sehingga KD di e-Rapor nantinya dapat terselesaikan dengan mengacu pada Pemetaan KD Anda.

Wajib diperhatikan mana-mana KD mapel yang memuat KI-1(Sikap Spiritual), KI-2 (Sikap Sosial), KI-3(Pengetahuan), dan KI-4(Keterampilan) serta mana-mana KD mapel yang hanya memuat KI-3 dan KI-4.

Yuk, lihat kembali:

Mapel yang memuat KD KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4:
  • Pendidikan Agama
  • PPKn
  • PJOK
  • Muatan Lokal Bahasa Daerah (Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, dll)
Mapel yang memuat hanya KD KI-3 dan KI-4:
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • IPA (untuk kelas 4-6)
  • IPS (untuk kelas 4-6)
  • SBdP
Nah, KD berkode 1.1 dst, 2.1 dst, 3.1 ds, 4.1 dst yang sesuai pada daftar di atas (sesuaikan dengan kelas Anda) tersebut wajib dikelola baik diedit, diatur semesternya, dan/atau ditambahkan KDnya untuk mapel tertentu yang belum muncul KDnya di e-Rapor.

Bapak/Ibu, perlu Anda ketahui juga bahwa pengelolaan KD di e-Rapor merupakan salah satu kunci keberhasilan pengelolaan nilai PH, PTS, dan PAS sampai tercetaknya rapor. Dalam artian, jika pengelolaan KD dikerjakan dengan benar, maka dalam pembuatan rencana penilaian, input/import nilai siswa, dan seterusnya dapat sinkron serta berjalan dengan sukses.

Bapak/Ibu, lebih jelasnya lanjutkan membaca tutorial pengelolaan KD di e-Rapor SD, sebagai berikut.

A. Cara mengedit data kompetensi dasar untuk mapel yang sudah ada KD-nya di aplikasi e-rapor SD kurikulm 2013

Setelah Anda login dengan level user guru, silakan:

1. Klik menu Data Kompetensi Dasar
Cara mengedit data kompetensi dasar untuk mapel yang sudah ada KD-nya di aplikasi e-rapor SD kurikulm 2013

Silakan Anda klik menu Data Kompetensi Dasar, kemudian tampilkan pilihan mata pelajaran dengan mengeklik simbol segitiga, setelah tampil daftar nama mapel, silakan pilih mapel yang akan diedit KDnya.

2. Klik Edit Data Kompetensi
Edit Data Kompetensi
Setelah Anda mengeklik menu "Edit Data Kompetensi", maka akan ditampilkan semua KD pelajaran yang Anda pilih dari kelas 1-6, nah di sini Anda fokus mengedit KD mapel yang Anda ampu saja.

3. Perhatikan Kompetensi yang ada, tentukan semester, dan ringkaslah deskripsi KD yang masih berwarna merah (maksimum 60 karakter agar tidak merah)
Perhatikan Kompetensi yang ada, tentukan semester, dan ringkaslah deskripsi KD yang masih berwarna merah



4. Jika edit KD sudah selesai, klik Simpan
Jika edit KD sudah selesai, klik Simpan

Jika Anda sudah menentukan semester dan sudah meringkas deskripsi, silakan scroll sampai bawah sendiri agar tombol simpan terlihat, nah silakan klik Simpan.

Catatan:
Silakan lakukan edit semua KD yang sudah ada di e-Rapor (mata pelajaran yang Anda ampu). Jika ternyata KD yang Anda butuhkan belum muncul di e-Rapor, Anda dapat menambahkannya. Misalnya pada mapel PPKn ada KD yang belum lengkap, silakan tambahkan saja. Adapun cara menambahkan KD, dapat Anda simak caranya pada point B di bawah ini.

B. Cara menambah data kompetensi dasar untuk mapel yang belum ada KD-nya dan/atau mapel yang belum lengkap KD-nya di aplikasi e-rapor SD kurikulm 2013

Untuk menambahkan KD pada mapel yang belum tersedia KD-nya di e-Rapor, misalnya untuk KD muatan lokal bahasa daerah (bahasa Jawa, bahasa Sunda, dll) dan/atau menambahkan mapel yang sudah ada KDnya namun belum lengkap, maka setelah Anda login dengan level user guru, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Klik menu Data Kompetensi Dasar, kemudian klik Tambah Kompetensi Dasar
Klik menu Data Kompetensi Dasar, kemudian klik Tambah Kompetensi Dasar

2. Tentukan jumlah KD yang akan ditambahkan
Tentukan jumlah KD yang akan ditambahkan

Untuk menentukan jumlah KD yang akan ditambahkan, silakan klik simbol segitiga untuk menampilkan menu pilihan jumlah KD, selanjutnya klik angka sesuai KD yang akan Anda tambahkan.

3. Tentukan nama mapel, kelas, jenis KI, semester, kode KD, kompetensi dasar, dan ringkasan kompetensi
Tentukan nama mapel, kelas, jenis KI, semester, kode KD, kompetensi dasar, dan ringkasan kompetensi

#1. Mata Pelajaran: klik simbol segitiga kemudian pilih mapel
#2. Tingkat Pendidikan: klik simbol segitiga kemudian pilih tingkat kelas
#3. Jenis Kompetensi Inti: klik simbol segitiga kemudian KI yang sesuai
#4. Semester: klik simbol segitiga kemudian tentukan semester
#5. Kode KD: ketik kode KD, misal 1.1 (pakai tanda titik), jika Anda mengetikkan 1,1 (pakai tanda koma dll), maka KD yang Anda masukkan tidak dapat muncul saat Anda membuat rencana penilaian.
#6. Masukkan/ketik Kompetensi dasar yang sesuai
#7. Ringkaslah KD yang sesuai

Setelah Anda selesai menambahkan KD, silakan scroll ke bawah dan klik Simpan.

Demikian tentang Cara Mengedit dan Menambah KD di e-Rapor SD Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel