Cara Praktis Cek Keaktifan NUPTK di gtk.data.kemdikbud.go.id

Cara Melihat NUPTK yang Sudah Terdaftar dan/atau Cara Cek Aktif atau Tidaknya NUPTK di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status_Sahabat GTK, seperti yang sudah maklum bahwa  Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan. NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

Status NUPTK bagi seorang Guru dan Tenaga Kependidikan baik yang di bawah naungan  Kemendikbud ataupun Kemenang dapat dicek/ditelusuri berdasarkan nomor NUPTK. Arsip NUPTK yang ditampilkan pada hasil pengecekan merupakan hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK generasi PADAMU NEGERI. Adapun Cara Mengecek Status Keaktifan NUPTK Anda secara online dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat alias praktis.

Cara Praktis Cek Keaktifan NUPTK di gtk data kemdikbud go id untuk Guru dan Tenaga Kependidikan di bawah naungan Kemdikbud dan Kemenag adalah sebagai berikut :

1. Kunjungi http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status 
2. Masukkan NUPTK 16 Digit dan Klik Tombol Cari
Cara Mudah Cek Keaktifan NUPTK Terdata di Dapodik
3. Lihat Status Keaktifan NUPTK
Status NUPTK Aktif
Jika NUPTK Bapak/Ibu terdaftar dan aktif, maka akan tampil NUPTK, Nama Bapak/Ibu, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, NIK, dan Status NUPTK AKTIF terdaftar/terdata di Dapodik.

Demikian Cara Cek NUPTK Aktif di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status. Semoga NUPTK Bapak/Ibu berstatus aktif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel