Batas Akhir Pengambilan Data/Cut Off Dapodik Versi 2021 untuk Program BOS dan BOP Reguler 2020/2021

Para Operator Dapodik PAUD/SD/SMP/SMA/SMK sebaiknya segera menyelesaikan pengisian aplikasi dapodikdasmen versi 2021 tahun pelajaran 2020/2021 semester 1 dan melakukan pengiriman data/sinkronisasi dapodik sebelum tanggal 31 Agustus 2020, pasalnya berdasaran Juknis BOS Reguler bahwa penetapan alokasi BOS Reguler tiap sekolah  didasarkan pada data hasil batas waktu akhir pendataan (cut off) Dapodik.
Batas Akhir Pengambilan Data-Cut Off Dapodik Versi 2020 untuk Program BOS Reguler PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Tahun 2020-2021
Kapan Cut Off Dapodik Versi 2021 untuk Program BOS dan BOP Reguler?
Pada website resmi dapodikdasmen (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id ) telah diinformasikan bahwa Organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini telah mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah bergabungnya Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke dalam Unit Utama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah sehingga berubah menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Dengan adanya perubahan organisasi dan tata kerja ini maka Aplikasi Dapodik yang dikelola oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah harus melakukan perubahan dan penyesuaian sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.
Cut Off Dapodik Versi 2021 untuk Program BOS
Dari sisi dukungan Dapodik untuk sistem transaksional Kemendikbud, berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis BOS Reguler disebutkan bahwa penetapan sekolah penerima dana BOS Reguler akan didasarkan pada Dapodik per tanggal 31 Agustus (Cut Off) 2020 Pukul 23.59 WIB. Dan data pada Dapodik per tanggal 31 Agustus ini akan digunakan untuk penetapan penyaluran dana BOS Reguler tahap III tahun berjalan dan penyaluran dana BOS Reguler tahap I dan tahap II tahun berikutnya.

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah akan mengembangkan Aplikasi Dapodik versi baru untuk satuan pendidikan di semua jenjang. Selain pada aplikasi Dapodik, pengembangan dan penyesuaian juga harus dilakukan pada Manajemen Dapodik untuk Dinas Pendidikan.

Memperhatikan urgensi tersebut, Pemutakhiran data dilakukan paling lambat pada Senin, 31 Agustus 2020 (Penarikan data untuk program Bantuan Operasioanl Sekolah/BOS) dan pada Rabu, 30 September 2020 (Penarikan data untuk program Bantuan Operasional Penyelenggaraan/BOP PAUD) dengan tetap menjaga kualitas data.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel